Tanya Mahasiswa

Tanya Pemira Undip

06.04 Unknown 0 Comments

Halo Mahasiswa Undip!
Tahukah kamu bahwa sebentar lagi di Undip akan diadakan pemira? Ya, pemira atau pemilihan umum raya adalah suatu kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua Badan Eksekutif Mahasiswa  yang dilaksanakan dengan sistem coblos. Fungsi dari pemira sendiri adalah untuk memilih ketua BEM yang bertugas menjalankan amanat para mahasiswa, menjadi wadah aspirasi, kritik, dan saran dari mahasiswa, serta menjadi penghubung antara mahasiswa dengan manajemen universitas.
Persiapan pemira 2016 di Universitas Diponegoro sudah dimulai sejak awal Oktober lalu. Dimulai dengan sosialisasi, pendaftaran calon, verifikasi, kemudian penetapan kandidat. Kemudian, kandidat akan mengadakan kampanye dari tanggal 16 Oktober 2016 sampai 6 November 2016. Nah, pencoblosannya sendiri akan dilaksanakan pada tangga 10 November 2016 loh!
Namun apakah mahasiswa di Universitas Diponegoro sudah mengetahui informasi seputar pemira tahun ini? Yuk, kita simak!
Dari 10 orang mahasiswa Undip  yang kami wawancara di berbagai fakultas dan jurusan mengenai pemira hampir semua responden mengetahui apaitu pemira. Lima diantaranya pernah berpartisipasi dalam pemira. 
Namun ketika ditanya mengenai pelaksanaan pemira tahun 2016 ini, hanya 3 responden saja yang mengetahuinya. Bahkan dari 3 orang tersebut, hanya dua responden yang mengetahui siapa saja kandidat ketua BEM dalam pemira Undip tahun ini.
Pemira 2016 merupakan momentum penting bagi seluruh mahasiswa yang menentukan  masa depan Undip dalam satu tahun ke depan. Hal ini dikarenakan hasil pemira dapat mempengaruhi kegiatan yang berlangsung di dalam kampus. Khususnya dalam menyalurkan apresiasi mahasiswa dan pembuatan kebijakan di universitas. Untuk itu sosialisasi pemira sangatlah penting bagi semua mahasiswa. Kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh panitia akan berdampak terhadap minimnya partisipasi mahasiswa untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilihan.

TRI FAJARIANI

0 komentar: