Tips dan Trik

Aksesoris Tangan Wanita dari Kain Perca

22.33 Nuansa Kampus 0 Comments


Banyak kain bekas tapi gak tau mau diapain? Kain bekas (kain Perca) menurut sebagian besar orang menjadi benda yang sudah tidak layak pakai dan tidak ada manfaatnya lagi. Tapi taukah Sahabat Kampus, kalau kain bekas yang kita miliki dapat menjadi benda yang bisa kita manfaatkan dan bernilai jual juga loh. Nah, khususnya buat kalian kaum wanita yang suka pakai aksesoris tangan seperti gelang, kain bekas bisa dijadikan barang kerajinan yang bermanfaat dan lucu loo. Seperti apa dan bagaimana hasilnya?yuk kita lihat bahan atau alat apa saja yang kita butuhin!
Pertama, alat dan bahan yang kita butuhin adalah;
alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Gelang Wanita/ Foto: Ivani
  1. Kain Bekas ( baju, flanel, kaos,dll)
  2. Gunting
  3. Lem Tembak
  4. lingkaran besi diameter 3cm dari gantungan kunci
  5. Klip Kertas
  6. Benang dan Jarum Jahit
  7. Kancing Jepret atau benda lain yang dapat menjadi pengait
  1. Gelang Wanita                                                                                   
Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Gelang wanita/ Foto: Ilvani
      

   Gelang wanita dengan konsep yang sederhana akan kita buat dengan cara yang mudah pula. Pertama yang kita butuhkan bahan-bahan: Kain bekas, kain flanel, gunting, dan lem tembak. Gunting kain dengan panjang 15 cm dan lebar 2 cm. Kemudian lem memanjang untuk menutup bagian yang digunting dengan rapih dan ukuran menjadi kecil sekitar 0,5 cm. Dibagian lain, untuk aksesoris, menggunting flanel dengan bentuk persegi ukuran kira-kira 0,2 cm. Siapkan lem tembak, hingga siap digunakan. Tempelkan kain flanel yang telah dipotong sesuai selera pada bagian utama gelang.

  1. Gelang Pita

langkah membuat Gelang Pita dengan bahan yang mudah didapat/ Foto: Ilvani

        Untuk aksesoris yang kedua ini, yang kalian butuhkan tidak berbeda dengan bahan pertama, hanya saja kalian perlu menambahakan kancing jepret, Lingkaran besi diameter 3cm bekas gantungan kunci, dan klip kertas warna kuning untuk mengaitkan gelang. Ambil kain yang akan menjadi dasar gelang sepanjang 15 cm, dan lebar 6 cm. Hubungkan masing-masing ujung secara memanjang dibagian tengah-tengah kain. Bagian selanjutnya, kalian perlu mengambil besi gantungan kunci dengan diameter 3cm dan klip kertas dengan tekstur yang mudah diatur. Letakkan klip kertas dibagian tengan lingkaran besi untuk tengah-tengah pita. Potong kain dengan warna berbeda dengan ukurang panjang 5cm, dan lebar 3 cm. Ikuti cara pada kain pertama. Masukan kain kedalam lingkaran besi yang sudah dibuat sebelumnya. Tempelkan pita pada kain yang menjadi bagian utama gelang dengan lem tembak. Kemudian pasang kancing jepret pada ujung gelang dengan benang jahit agar tidak mudah lepas.
Hasil Akhir dari membuat Gelang Pita dari Kain Bekas/ Foto: Ilvani

Jadilah Gelang Pita yang lucu dan nggak susah kan buat kalian buat di rumah atau di kos sahabat kampus. Yuk manfaatkan barang yang ada semaksimal mungkin sehingga bermanfaat sahabat kampus.


Ilvani Fylandita Vristiandani











0 komentar: