Event

Srawung: Media Silaturahmi Mahasiswa dengan Warga

21.58 Nuansa Kampus 0 Comments

Penyerahan doorprize kepada warga Desa Sendangguwo oleh dua tokoh Cosplay  Wayang, Sabtu (3/12/2016)/ Foto: Ilvani
NuansaKampus, Semarang- Srawung merupakan sebuah rangkaian acara yang diselanggarakan oleh mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia ankatan 2014, Faultas Ilmu Budaya  (FIB), Universita Diponegoro (Undip) yang melibatkan Karang Taruna “Tunas Muda”. Kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pertunjukan dan Kesenian diselenggarakan pada hari Sabtu (3/12) di Desa Sendangguwo RT.06/ RW.04, Tembalang, Semarang. Dalam acara yang dibuat tersebut, mahasiswa dituntut untuk bisa membuat sebuah acara dan memanajemen acara dengan baik. Nama Srawung sendiri diambil karena memiliki makna dan harapan membentuk silaturahmi tidak hanya dengan sesama mahasiswa, tapi juga dapat berinteraksi langsung dengan para warga.

“ karena dari awalnya itu kita pingin yang simpel terus lama-kelamaan, kita rapat-rapat, diskusi, kita mau buat acara apa, dan jatuhlah kita kewarga, sasaran utamanya adalah warga. Nah karena sasaran utamanya adalah warga nama yang pas adalah Srawung. Kenapa? Karena srawung itukan Silaturahmi. Jadi mahasiswa itu gak melulu untuk mahasiswa tapi juga untuk masyarakat,"ungkap Dedi Hartanto, ketua Panitia Srawung.

Yang membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya, ditahun ini mahasiswa Sastra Indonesia mampu melakukan kerjasama langsung bersama parapemuda desa Sendangguwo. Acara yang dimulai pada pukul 18.30 WIB, menampilkan beberapa kesenian tradisional dan modern yang berkolaborasi antara mahasiswa FIB dan Karang Taruna “Tunas Muda”, terdiri dari; Tari Saman, Tari Tradisional, Bisa Jadi, Panemboro, Temon Holic, Drama Komedi, dan musikalisasi Puisi. Selain acara ini tersebu, terdapat hiburan lain sepertii Cosply Wayang, Galeri seni, dan Stand makanan untuk para pengunjung yang sekedar ingin berfoto atau makan sembari menonton penampilan yang sangat menghibur.
Salah satu penampilan tari tradisonal Saman perwakilan mahasiswa Fakultas  Ilmu Budaya Undip/ Foto: Ilvani


“ acaranya bagus, menghibur banget mba, saya kesini sama anak-anak saya tiga ini mba. Soalnya ini baru pertama kali karang tarunanya kerjasama sama mahasiswa dari Undip," ujar Dian pengunjung Srawung


Ilvani Fylandita Vristiandani

0 komentar: