Tanya Mahasiswa

Berorganisasi, Kenapa Tidak?

09.18 Nuansa Kampus 0 Comments

Ilustrasi gambar oleh 
http://silverways52.blogspot.co.id/2016/01/manajemen-rapat-organisasi-bagian-1.html

Organisasi adalah wadah pekumpulan individu maupun kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Dalam dunia perkuliahan sendiri, kita juga tidak akan lepas dari yang namanya organisasi. Nah sahabat kampus tentunya pernah mendengar istilah kupu-kupu dan kura-kura, kan ? Istilah ini cukup terkenal di kalangan mahasiswa. Kupu-kupu, atau kuliah pulang- kuliah pulang, merupakan panggilan bagi mahsiswa yang kegiatan mereka hanya kuliah lalu pulang tanpa mengikuti kegiatanr organiasiasi luar perkuliahan. Sedangkan kura-kura; kuliah rapat- kuliah rapat adalah panggilan untuk mahasiswa yang setelah selesai kuliah terlalu sibuk dengan  kegiatan organisasi seperti rapat. 

Dalam kehidupan mahasiswa sendiri tak jarang banyak dari mereka yang begitu mengejar kegiatan berorganisasi, namun ada juga yang bahkan lepas dan tidak berurusan dengan kegiatan organisasi sama sekali. Bagi mahasiswa sendiri tentunya mereka mempunyai pandangan dan pendapat masing-masing mengenai organisasi.

Dari tanya jawab secara acak dengan 10 mahasiswa mengenai kegiatan berorganisasi, 5 diantaranya mengaku pernah ikut organisasi, bahkan aktif hingga sekarang, sedangkan 3 orang mengatakan pernah ikut berorganisasi namun kini sudah tidak ikut lagi. Alasan mereka antara lain untuk mengisi kegiatan atau mengisi waktu luang, mencari kesibukan, menambah teman, menambah pengalaman, dan masih banyak lagi. Sedangkan 2 responden mengatakan bahwa mereka tidak pernah mengikuti kegiatan organisasi apapun selama kuliah. Alasannya, karena mereka tidak begitu suka berorganisasi dan lebih tertarik dengan kegiatan lain. 




Hanya saja, ketika ditanya apakah mengikuti organisasi itu penting bagi mahasiswa, ternyata semua responden mahasiswa setuju bahwa berorganisasi itu penting. Melalui organisasi, kita dapat menambah pengalaman, wawasan dan memperluas relasi. Selain itu organisasi juga membantu melatih keberanian dan kepercayaan diri dalam menyuarakan pendapat serta untuk belajar bagaimana bersosialisasi dan juga bekerjasama. 
Nah mengetahui pentingnya berorganisasi bukan berarti dapat mengesampingkan perkuliahan pula ya, Sahabat Kampus. Yuk, atur waktumu! 



TRI FAJARIANI FAUZIA

0 komentar: