Tanya Mahasiswa

Kebiasaan Belajar Kebut Semalam, Efektifkah?

19.55 Nuansa Kampus 0 Comments


Foto: Ilvani
Halo sahabat kampus,
Akhir tahun biasanya menjadi bulan dimana sebagian besar mahasiswa menyambut Ujian Akhir Semester (UAS). UAS menjadi hal yang tidak bisa dianggap sepele begitu saja loo,nah  apakah mahasiswa melakukan persiapan sebelum UAS?Apakah mahasiswa sekarang masih menggunakan sistem belajar Kebut Semalam? Apa alasannya ya? Yuk kita simak jawaban nya!

1.      Apakah Sebelum UAS anda melakukan persiapan Belajar?
Dari pertanyaan yang kami ajukan ini, seluruh mahasiswa menjawab melakukan persiapan belajar sebelum UAS. Alasan yang mereka kemukakan didasari atas berbagai pendapat, diantaranya; keterbatasan dari mereka dalam mengingat dan perlu yang namanya menghafal dan memahami kembali sebuah materi sebelumnya yang telah diterangkan oleh Dosen dengan belajar.

2.      Media apa yang paling menjadi landasan anda dalam belajar? (Buku, PowerPoint/ PPT, atau Catatan)

Dari 10 orang yang menjadi perwakilan dari berbagai jurusan, diperoleh hasil bahwa 5 orang mahasiswa memilih belajar dengan bersumber PPT sebagai sumber utama bacaan dan kemudian mereka perdalam dengan catatan atau buku referensi. Dengan alasan, PPT merupakan poin dari materi yang disampaikan, untuk itu agar belajar lebih mudah mahasiswa harus memahami inti yang akan dipelajari terlebih dahulu apa dan sebagai pelengkapnya, catatan merupakan sumber untuk memahami materi dengan lebih jauh. Kemudian  3 mahasiswa mengatakan lebih memilih menggunakan Catatan mereka sendiri di banding PPT atau buku referensi. Alasannya, catatan yang mereka miliki merupakan hasil dari pemahaman selama proses belajar dikelas, sehingga dengan membaca catatan membuat lebih mudah mahasiswa dalam menghafal sekaligus memahami. Dua mahasiswa memilih menggunakan ketiganya karena semua merupakan satu kesatuan yang saling terhubung dan saling melengkapi.



3.      Efektif Nggak Sih Sistem Belajar Kebut Semalam? Apa Alasannya?


Dari pertanyaan tersebut, 70% mahasiswa mengatakan Efekti dan 30% mahasiswa mengatakan tidak efektif. Alasannya, mahasiswa akan lebih mengingat materi yang mereka pelajari malamnya dibanding dengan melakukan persiapan jauh-jauh hari yang nantinya disaat Ujian mereka lupa dengan materi yang sudah mereka pelajari. Sedangkan yang tidak efektif melihat bahwa ketika belajar dengan kebut semalam akan mudah lupa ketika ujian telah berlalu dan tidak cukup satu malam untuk materi yang sangat banyak.

Ternyata dari hasil jawaban koresponden, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa tetap melakukan persiapan belajar sebelum UAS, selain itu masih banyak mahasiswa yang belajar dengan sistem Kebut semalam dengan alasan yang telah disebutkan, dan sumber materi yang mereka gunakan adalah PPT sebagai acuan utama mereka dalam belajar. Jadi efektif atau tidaknya tergantung dari kalian sendiri ya. Jadi, belajar merupakan satu hal yang sangat penting untuk dilakukan jauh-jauh hari atau mendekati Ujian ya, Sahabat Kampus!

ILVANI FYLANDITA



0 komentar: